Penanganan Autisme Di Indonesia, Mengenal Penyebab Serta Cara Pengobatan Autisme

Autisme Merupakan Gangguan Perkembangan Yang Kompleks Yang Mana Hal Ini Berawal Di Masa Kanak- Kanak

penanganan-autisme-di-indonesia-mengenal-ciri-ciri-penyebab-serta-terapi-dan-pengobatan-autisme

Adanya gangguan ini sangat mempengaruhi perilaku anak dalam kehidupan sehari- hari seperti kemampuan dalam berinteraksi sosial. Autisme pada anak di Indonesia sendiri memang banyak ditemukan. Penyembuhan autisme ini memang masih belum ditemukan. Namun, ada beberapa terapi atau treatment yang bisa anda lakukan untuk seorang anak autisme. Sebelum lebih jauh membahas hal ini, gejala dan ciri autisme akan dijelaskan terlebih dahulu karena hal ini harus diketahui sedini mungkin.

Autisme yang mulai tampak saat masih kanak- kanak memang memiliki ciri tersendiri. Ciri autisme dalam hal ini adalah sebagai berikut.

  1. Perkembangan bicara lamban, bahkan tidak berbicara.
  2. Tidak merespon pembicaraan bahkan saat namanya dipanggil.
  3. Tidak peka terhadap apapun sehiingga emosinya tidak pernah diungkapkan.
  4. Biasanya menghindari kontak mata.
  5. Tidak memahami petunjuk atau pertanyaan bahkan walaupun dibuat sangat sederhana.
  6. Sering mengulangi kata/ frase tertentu.
  7. Nada datar dalam berbicara
  8. Tidak paham interaksi sosial.

Itulah beberapa contoh ciri sederhana yang bisa diketahui, khususnya pada anak yang memiliki gangguan autis. Ciri- ciri lainnya juga tampak pada perilakunya, pola pikirnya terbatas dan lebih sering melakukan sesuatu secara mengulang. Tidak hanya mengulang, pada hal tertentu ia bisa melakukan sesuatu secara tetap sehingga tidak imajinatif, misalnya dalam hal melakukan permainan. Tidak hanya itu, ciri lain yang bisa dilihat dari perilakunya adalah anak yang menderita gangguan autis ini sangat aktif dan tidak bisa diam dan melakukan gerakan secara berulang.

Apa Sebenarnya Penyebab Dari Autisme ?

PENANGANAN AUTISME DI INDONESIA, MENGENAL CIRI- CIRI, PENYEBAB SERTA TERAPI DAN PENGOBATAN AUTISME

Mengetahui ciri- ciri autisme saja tidak cukup, kita juga perlu mengetahui apa sebenarnya penyebab autisme ini. Memang hingga saat ini penyebab autisme anak masih belum diketahui penyebabnya dengan jelas. Bahkan ada autisme yang terjadi secara primer, artinya terjadi tanpa penyebab tertentu. Namun, dalam beberapa kasus autisme bisa terjadi karena beberapa faktor berikut.

  1. Faktor Genetik

Orang tua yang menderita/ menyandang autisme, kemungkinan hal ini akan menurun pada anak. Selain itu, anak kembar juga memiliki pengaruh besar terhadap hal ini. Misalnya salah satu dari anak tersebut mengidap autisme, maka dimungkinkan saudara kembarnya juga memiliki kelainan yang sama.

  1. Faktor Psikologis

Faktor pola pikir adalah salah satu yang sangat mempengaruhi anak penderita autisme. Pada anak normal, mereka sudah bisa memahami pola pikir sekitar usia 4 tahun. Namun, hal ini tidak terjadi pada anak autisme, mereka memiliki pemahaman yang terbatas sehingga pemahaman tentang pola pikir tersebut sama sekali belum dimiliki. Dengan demikian, interaksi sosial dan komunikasi juga menjadi permasalahan besar bagi mereka.

  1. Faktor Neurologis

Penderita autisme biasanya lebih emosional. Hal ini dikarenakan adanya gangguan koneksi yang terjadi antar otak bagian dalam. Gangguan tersebut menyebabkan terjadinya hipersensitifitas. Tidak hanya itu, gangguan ini juga menyebabkan mereka lebih menyukai rutinitas yang lamban karena hal ini tidak memicu respon secara berlebihan dalam otak.

  1. Pengaruh kelahiran dan masa kandungan

Saat masih mengandung, sebisa mungkin jauhilah hal- hal yang tidak baik, seperti konsumsi alkohol dan obat- obatan. Hal- hal tersebut bisa memicu terjadinya autisme. Sementara pada kasus bayi prematur biasanya memiliki resiko yang lebih besar mengidap autisme.

Bagaimana Pengobatan Dan Terapi Untuk Anak Autisme?

PENANGANAN AUTISME DI INDONESIA, MENGENAL CIRI- CIRI, PENYEBAB SERTA TERAPI DAN PENGOBATAN AUTISME

Terdapat beberapa aspek penting yang dapat mengembangkan kemampuan para penderita autisme, seperti kemampuan komunikasi, interaksi, kognitif dan akademis. Hal ini bisa dilakukan terapi dan pendidikan terhadap mereka, sehingga kemampuan tersebut bisa berkembang dan meningkat. Beberapa jenis bantuan yang dapat dilakukan diantaranya, intervensi sosial dan analisis perilaku terapan.

Intervensi sosial adalah sebuah bantuan yang ditujukan untuk mereka penyandang autisme agar mampu berkomunikasi serta berinteraksi. Dengan kemampuan berinteraksi secara sosial, mereka mampu beradaptasi dilingkungannya yang mungkin suatu saat mengalamai perubahan. Selanjutnya analisis perilaku terapan adalah terapi yang banyak dikembangkan di Indonesia. Intinya terapi ini membagi kemampuan kognitif dan akademis melalui tugas sederhana yang mana hal ini diberikan pada mereka penderita autisme.

Sementara untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, ada beberapa terapi yang bisa dilakukan untuk anak autisme.

  1. Terapi Wicara

Hampir semua anak yang menderita autisme mengalami kesulitan saat berbicara. Dengan terapi ini, anak akan dilatih berbicara sehingga mampu berkomunikasi dengan orang lain. Dalam hal ini, biasanya menggunakan alat bantu visual, cerita, mainan, dll untuk meningkatkan kemampuannya tersebut.

  1. Picture Exchange Communication System (PECS)

Terapi jenis ini adalah terapi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi anak autisme dengan menggunakan gambar. Gambar memang dirasa lebih efektif dalam meningkatkan komunikasi pada anak autisme.

  1. Metode komunikasi Makaton

Metode ini merupakan cara komunikasi dengan isyarat/ simbol. Dengan isyarat, arti sebuah komunikasi akan lebih mudah dipahami oleh penderita autisme. Metode ini sangat efektif untuk membantu meningkatkan komunikasi verbal mereka.

Penggunaan Obat- Obatan Dalam Mengatasi Autisme

Penggunaan obat- obatan dapat mengatasi gejala- gejala tertentu pada penderita autisme. Beberapa gejala yang biasanya terjadi seperti depresi, sulit tidur, hiperaktif, epilepsi, dan perilaku agresif yang sangat membahayakan. Untuk itu, gejala tersebut perlu diatasi dengan baik.

Salah satu obat yang fungsinya sebagai vitamin untuk anak autisme adalah TNM. Produk ini adalah produk herbal yang terbuat dari mengkudu berasal dari pulau Tahiti. Proses pembuatannya juga didukung dengan peralatan canggih serta oleh sumber daya manusia yang sudah berkompeten. Dengan demikian, produk ini tidak perlu diragukan lagi, baik dalam hal higienies maupun manfaatnya. Buah mengkudu berkualitas yang diambil dari pulau Tahiti tersebut adalah yang bebas polusi dan benar- benar bersih.

Produk ini aman dikonsumsi baik oleh anak- anak maupun dewasa karena bahan dasarnya adalah herbal. Manfaatnya juga banyak sehingga selain digunakan sebagai suplemen penderita autisme, produk ini juga digunakan untuk mengobati berbagai penyakit lainnya. Produk ini juga sudah mendapatkan lisensi dan penghargaan, serta sertifikat BPOM Indonesia. Dengan demikian, produk ini sudah terbukti aman.

450Untuk mendapatkan produk TNM juga mudah. Anda bisa mengunjungi website http://vitaminanak.net/autis/ dan melakukan pembelian melalui website tersebut. Beberapa testimoni mengenai produk ini juga bisa dilihat di website agar anda lebih percaya. Tidak hanya itu, di dalam website http://vitaminanak.net/autis/ ini juga sudah disertakan lampiran sertifikat baik dari BPOM maupun dari lainnya. Dalam hal kehalalannya juga sudah tidak diragukan lagi. TNM merupakan produk halal yang sudah disetujui oleh Majelis Ulama Indonesia. Lampiran tidak cukup sampai disitu, hasil uji coba produk TNM juga disertakan di website. Hasil uji coba TNM tersebut langsung kepada orang- orang yang memang memiliki masalah kesehatan. Pada anak penderita autisme, hal ini akan mengalami banyak peningkatan, misalnya mood anak menjadi lebih stabil, lebih mudah diatur, mulai fokus menyerap pelajaran di sekolah, dll. Info selengkapnya silahkan masuk ke website http://vitaminanak.net/autis/.

4

Apa Itu TNM dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Untuk Info Lengkap Mengenai TNM Silahkan Tekan Tombol "Klik Disini" Di Bawah Ini 

3

Hey, Apakah Anak atau Kenalan Anda Menderita Autis?

Kami Bisa Mengirimkan Banyak Tips Masalah Autis Seperti Diatas ke Email Anda

Jangan Lewatkan Kesempatan Ini

Dapatkan Semua Tips Tentang Autis Sekarang, Gratis!

Isi Form Dibawah Ini !

(Rekomendasi Dokter)

enter website vitamin anak autis

Mohon Diisi Pak/Bu

Mohon Isi Nama Depan Anda

Mohon Isi Email Anda

Semoga Semua Anak Autis Di Indonesia Semakin Sehat Ke Depan Dengan Tips Autis Ini.

Bagikan Juga ke Teman-Teman Ya!